Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001

KENALI SISTEM MANAJEMEN LINGKUNGAN ISO 14001 DAN MANFAATNYA BAGI PERUSAHAAN

Dalam melaksanakan sebuah proses bisnisnya, banyak aspek yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Khususnya aspek yang dapat mempengaruhi masyarakat secara umum. Dalam hal ini perusahaan dituntut untuk menerapkan sebuah sistem yang dapat membantu perusahaan melakukan aktivitasnya tanpa menimbulkan dampak buruk kepada lingkungan. Untuk menjawab kebutuhan tersebut, terdapat sebuah standar yang sesuai dengan permasalahan ini yaitu Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001. Standar ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan dapat diterapkan oleh organisasi/perusahaan dengan skala kecil, menengah, maupun besar.

Lalu, Apa Itu ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan?

Pertanyaan ini adalah hal yang paling umum ditanyakan oleh masyarakat awam. Untuk itu sebagai langkah awal mari kita lihat dari pengertian ISO 14001 terlebih dahulu.

ISO 14001 adalah standar mengenai Sistem Manajemen Lingkungan (SML) atau Environmental Management System (EMS) dengan standar yang berlaku internasional. Sistem ini adalah salah satu bagian dari standardisasi bagi organisasi, instansi, atau perusahaan yang secara spesifik mengatur tentang lingkungan. Hal ini mencakup segala aktivitas perusahaan dan dampak-dampaknya terhadap lingkungan. Penting bagi perusahaan untuk memperhatikan dampak lingkungan, karena organisasi bukanlah institusi yang berdiri sendiri. Ia menempati sebuah lingkungan yang terhubung langsung dengan banyak individu dan instansi lainnya.

Sistem manajemen lingkungan ISO 14001 merupakan sistem berstandar internasional yang berpedoman pada pengendalian lingkungan. Sistem manajemen ISO 14001 dapat membantu perusahaan dalam melakukan identifikasi aktifitas perusahaan dan dampaknya terhadap lingkungan. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan/atau mengatasi resiko-resiko yang mungkin terjadi dalam kegiatan operasional perusahaan ketika mengimplentasikan sebuah sistem.  Dengan demikian, perusahaan mampu mempriotaskan keamanan lingkungan secara maksimal dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.

Sistem Manajemen Lingkungan

Sistem Manajemen Lingkungan (SML) atau EMS merupakan rangkaian proses yang membantu perusahaan memenuhi tujuannya dalam menjaga stabilitas lingkungan yang positif. Proses ini dilakukan melalui beberapa tahap, mulai dari pengkajian, evaluasi, hingga menentukan metode yang efisien untuk meningkatkan kinerja lingkungan.

EMS atau SML tidak menentukan tujuan objektif yang harus dipenuhi secara spesifik. Artinya setiap perusahaan dapat menentukan sendiri tujuan Sistem Manajemen Lingkungan yang diinginkan. Tentu saja dengan tetap memperhatikan kondisi internal dan eksternal.

Dengan demikian, EMS dapat membantu perusahaan menentukan kebijakan terbaik, merumuskannya secara sistematis, serta menerapkannya dengan biaya efektif. Perusahaan dapat memastikan segala aktivitas operasionalnya dengan tetap menjaga stabilitas lingkungan, termasuk menerapkannya kepada karyawan.

Tujuan ISO 14001

Tujuan disini lebih kepada penerapan standar khusus dalam manajemen lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menemukan hasil akhir yang paling efektif.  Tujuan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan pada dasarnya ada tiga, yaitu:

  • Menekan dampak negatif terhadap lingkungan yang mungkin timbul akibat kegiatan operasional organisasi.
  • Mematuhi peraturan perundangan yang berlaku dan ketentuan-ketentuan terkait isu lingkungan.
  • Melakukan perbaikan pada aktivitas-aktivitas di atas secara berkelanjutan.

Melalui tujuan-tujuan tersebut, ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan mendorong perusahaan untuk aktif dalam meningkatkan peran lingkungannya. Hal ini dilakukan melalui rangkaian proses secara terstruktur dan berkelanjutan sebagai berikut.

1. Komitmen dan Kebijakan

Perusahaan atau organisasi memiliki komitmen untuk meningkatkan peran sertanya terhadap lingkungan. Salah satunya dibuktikan dengan merumuskan dan menetapkan kebijakan-kebijakan terkait. Tanggung jawab terbesar ada di tangan manajemen puncak.

2. Perencanaan

Dalam hal ini organisasi akan mengidentifikasi persoalan lingkungan yang mungkin muncul sebagai akibat dari kegiatan operasional perusahaan. Sekaligus memastikan seberapa besar dampak negatif tersebut dapat timbul. Selanjutnya, perusahaan menganalisis aspek-aspek masalah yang paling signifikan dan menentukan metode penyelesainnya berdasarkan skala prioritas. Kemudian perusahaan menetapkan tujuan dan target-target yang ingin dicapai.

3. Implementasi/Penerapan

Rencana diterapkan secara faktual dengan memanfaatkan sumber daya yang diperlukan. Hal ini bisa termasuk penyuluhan dan pelatihan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan para karyawan. Ataupun hal-hal pendukung, seperti dokumentasi, pembuatan prosedur operasional, penentuan komunikasi internal dan eksternal, dan sebagainya.

4. Evaluasi

Evaluasi di sini berarti meninjau pelaksanaan rencana untuk memastikan tercapai tidaknya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Jika tidak tercapai, artinya perusahaan harus melakukan perbaikan. Jika tercapai, bisa dilanjutkan dengan menentukan tujuan dan target-target baru.

5. Pengkajian Kembali

Manajemen melakukan pengkajian ulang terhadap hasil evaluasi untuk mengetahui seberapa besar peran EMS. Kemudian memastikan sejauh mana efektifitas EMS telah diterapkan di perusahaan. Selain itu, melihat apakah kebijakan lingkungan telah berjalan sesuai dengan nilai-nilai perusahaan. Tahap ini dapat menentukan prosedur perbaikan berkelanjutan dalam Sistem Manajemen Lingkungan yang merupakan tujuan ISO 14001.

Proses tersebut merupakan siklus yang harus terus berjalan. Sehingga perbaikan dan peningkatan dapat berlangsung secara berkelanjutan.

Manfaat ISO 14001

Sistem Manajemen Lingkungan tentu memberikan dampak positif baik bagi lingkungan internal maupun eksternal. Simak potensi manfaat yang didapatkan dengan mengimplementasikan ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan berikut ini.

  • Meningkatkan peran perusahaan di tengah lingkungan.
  • Menumbuhkan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku.
  • Menekan dampak negatif pada lingkungan akibat aktivitas operasional, seperti pencemaran limbah dan efisiensi sumber daya energi.
  • Penghematan biaya, terutama dalam penanganan limbah.
  • Mengurangi pengeluaran organisasi secara umum.
  • Meningkatkan moral dan kesadaran seluruh penghuni organisasi mengenai tanggung jawabnya dalam menangani masalah lingkungan.
  • Citra perusahaan di mata publik akan menjadi lebih baik.

Sertifikasi ISO 14001

Sertifikasi ISO 14001 membantu perusahaan memenuhi kebutuhan konsumen sekaligus kewajibannya terhadap peraturan yang berlaku. Selain itu, perusahaan akan mendapat berbagai manfaat dari sertifikasi ini. Salah satunya meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan dan adanya perbaikan sistem secara terus-menerus yang membuktikan konsistensinya dalam menjalankan bisnis. Sertifikat ISO 14001 tidak hanya selembar kertas saja, namun juga menjadi bukti nyata atas kesadaran dan tanggung jawab perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Hal ini menjadi poin penting yang perlu diperhatikan oleh setiap pelaku bisnis dalam sektor manapun.

Dalam melakukan sertifikasi sistem manajemen mutu berbasis lingkungan ISO 14001, perusahaan dituntut menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Karena dalam sistem ini hal tersebut merupakan tujuan yang harus dicapai oleh perusahaan. Pihak perusahaan perlu menyadari dan memahami bahwa dalam menjalankan kegiatan bisnisnya yang memiliki tujuan menghasilkan keuntungan yang tinggi harus disertai dengan keamanan lingkungan. Yaitu dengan meminimalkan resiko sekecil mungkin yang akan berdampak merugikan pada lingkungan sekitarnya. Dalam hal ini keselamatan dan keamanan lingkungan menjadi fokus utama dalam melakukan sertifikasi. ISO 14001:2015 merupakan versi terbaru dari sistem manajemen lingkungan yang berlaku dan sekaligus menggantikan sistem ISO 14001 versi sebelumya.

Kualita Konsultan memberikan kemudahan untuk anda mendapatkan sertifikasi Sistem Manajemen dengan cepat. Yaitu melalui konsultasi serta pemberian training yang menunjang perusahaan dalam melaksanakan implementasi Sistem Manajemen. Temukan kebutuhan konsultasi dan sertifikasi perusahaan anda dengan kami Kualita Konsultan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 9001

Kontak kami
Konsultasikan Kebutuhan Konsultasi dan Sertifikasi Perusahaan Anda dengan Kami

Author

Kualita

×

Halo, Selamat Datang.

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi