pusat data nasional ransomware

Ransomware Mengincar Pusat Data Nasional! Pentingnya Konsultasi ISO 27001

Keamanan digital sekarang telah menjadi perhatian utama di kalangan masyarakat. Bukan hanya sekedar kepentingan perusahaan, namun telah menjadi kepentingan bersama untuk menjaga keamanan data. 

Baru-baru ini telah terjadi gangguan yang dialami Pusat Data Nasional (PDN). Gangguan tersebut mengakibatkan data-data PDN terkunci dan tidak dapat diakses. Dalam konferensi pers yang dilakukan Hari Senin, 24 Juni 2024 di Kantor Kominfo Jakarta, Kepala BSSN Letjen TNI Hinsa Siburian mengatakan bahwa “insiden PDN ini adalah serangan cyber dalam bentuk ransomware dengan nama Brain Cipher Ransomware” dan “Ransomware ini adalah pengembangan terbaru dari Ransomware lockbit 3.0. Jadi memang Ransomware ini kan dikembangkan terus, jadi ini adalah yang terbaru” tambahnya. 

Disini, peretas meminta tebusan mencapai 8 juta dolar AS atau sekitar Rp 131 Miliar. Karenanya, serangan ini mengakibatkan gangguan layanan publik, termasuk keimigrasian, serta memicu kekhawatiran tentang keamanan data pemerintah dan masyarakat. Meskipun demikian, pemerintah telah mengambil langkah-langkah pemulihan dan penyelidikan lebih lanjut.

Namun, insiden ini menyoroti pentingnya perlindungan data yang lebih kuat. Oleh karena itu, konsultasi ISO 27001 menjadi krusial untuk mencegah dan mengurangi dampak serangan serupa di masa depan. Standar internasional ini menawarkan kerangka kerja komprehensif dalam mengelola risiko keamanan informasi, termasuk perlindungan terhadap ancaman ransomware.

Baca juga: Wajib ISO 27001: Langkah BAPPEBTI Tingkatkan Perlindungan Nasabah di Sektor PBK

Pentingnya Konsultasi ISO 27001 untuk Mencegah Serangan Ransomware

Serangan ransomware telah menimbulkan ancaman signifikan bagi perusahaan secara global. Hal ini mengakibatkan kerugian finansial yang besar dan merusak reputasi. Namun, salah satu cara untuk memperkuat pertahanan mereka adalah dengan menerapkan Standar ISO 27001. 

ISO 27001 sendiri merupakan standar internasional untuk menjaga keamanan informasi. Standar ini memberikan kerangka kerja komprehensif untuk mengelola risiko keamanan informasi, termasuk ancaman ransomware, sehingga membantu perusahaan mengurangi risiko dan dampak serangan.

Selain manfaat langsung dari penerapannya, perusahaan juga dapat memperoleh sertifikat ISO 27001 untuk meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan pelanggan. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa manajemen keamanan informasi perusahaan telah memenuhi standar internasional, yang dapat menjadi keunggulan kompetitif. 

Dengan sertifikat ini, perusahaan dapat menunjukkan komitmen mereka dalam melindungi informasi sensitif, mengidentifikasi risiko secara proaktif, dan menjaga keamanan data secara keseluruhan. Untuk memastikan efektivitas proses sertifikasi dan mendapatkan manfaat maksimal dari ISO 27001, perusahaan disarankan untuk menggunakan jasa konsultan yang berpengalaman. 

Konsultan dapat membantu perusahaan memahami persyaratan standar, mengidentifikasi risiko keamanan, dan mengembangkan strategi implementasi yang efektif. Dengan bantuan konsultan, perusahaan dapat meraih sertifikat ISO 27001 dengan lebih efisien dan memastikan bahwa sistem manajemen keamanan informasi mereka memenuhi standar tertinggi.

Selain itu, menggunakan jasa konsultan ISO 27001 dapat:

  1. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam penerapan standar ISO 27001 dengan pemahaman dan pengetahuan yang mendalam
  2. Membantu mengatasi tantangan yang mungkin muncul selama proses implementasi melalui pengalaman yang mereka peroleh
  3. Membantu melakukan penilaian risiko ini secara menyeluruh.
  4. Memastikan ISMS telah diimplementasikan dengan benar dan memenuhi persyaratan standar ISO 27001 adalah kunci keberhasilan. 

Tunggu apalagi? sekarang keamanan informasi merupakan suatu keharusan! Yuk konsultasikan segera dengan Kualita Konsultan!

Kontak kami
Konsultasikan Kebutuhan Konsultasi dan Sertifikasi Perusahaan Anda dengan Kami

Author

Admin

×

Halo, Selamat Datang.

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi