Konsultasi ISO 37001

Kami memberikan panduan sesuai kebutuhan Anda

Konsultasi Iso

Jasa Konsultasi ISO 37001:2016

ISO 37001 adalah Sistem Manajemen Anti-suap yang saat ini sedang dikembangkan oleh International Organization for Standardization (ISO) menjadi ISO 37001:2016. Standar ini bertujuan untuk mencerminkan prinsip-prinsip yang ada. Selain itu, ISO 37001 juga dapat membantu perusahaan memberikan jaminan keamanan sebagai perusahaan yang bersih dari penyuapan kepada pihak ketiga dalam setiap tender atau proyek kerjasama yang akan dilakukan, itu tertulis di undang undang Menteri BUMN Nomor: S-35/MBU/02/2020 guna melaksanakan Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Oleh karena itu ISO 37001:2016 diwajibkan pada perusahan BUMN maupun kepada perusahaan swasta. Standar ini menetapkan persyaratan dan memberikan panduan untuk sistem manajemen yang dirancang untuk membantu perusahaan/organisasi guna mencegah, mendeteksi dan menanggapi penyuapan dan mematuhi undang-undang anti-penyuapan.

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Mengenai ISO 37001:2016

manfaat iso 37001:2016

Manfaat ISO 37001:2016

Ada beberapa manfaat implementasi ISO 37001:2016 di bawah ini, di antaranya adalah:

Memiliki Pedoman Anti-Penyuapan, Prosedur, dan Kontrol

Perusahaan/organisasi akan sangat terbantu dalam mengimplementasikan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan dan meningkatkan pengendalian yang sudah digunakan sebelumnya dengan pedoman, prosedur, dan kontrol anti-penyuapan.

Kontrol keuangan, Prosedur Pelaporan, dan Investigasi

Ketika ada investigasi dari pihak berwenang, ISO 37001 membantu dalam memberikan bukti bahwa perusahaan/organisasi memiliki langkah konkret untuk mencegah tindak penyuapan di lingkungan kerjanya.

Menanamkan Budaya Anti-Penyuapan Dalam Sebuah Perusahaan/Organisasi

Dengan menerapkan ISO 37001, kredibilitas perusahaan/organisasi meningkat. Pasalnya, standarisasi tersebut menunjukkan kepatuhan organisasi dalam perusahaan/organisasi terhadap peraturan yang berlaku.

Kredibilitas Perusahaan Meningkat

Dengan menerapkan ISO 37001, kredibilitas perusahaan meningkat. Pasalnya, standarisasi tersebut menunjukkan kepatuhan organisasi dalam perusahaan terhadap peraturan yang berlaku.

prinsip iso 37001:2016

Prinsip Dasar Manajemen Anti Penyuapan

Prinsip – prinsip yang mendasari Sistem Manajemen Anti-Penyuapan adalah sebagai berikut: 

Komitmen Manajemen Puncak

Peran dan komitmen Top Management terhadap penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 merupakan kunci keberhasilan utama. Manajemen Puncak harus mendemonstrasikan komitmen tersebut dan memastikan seluruh lapisan perusahaan/organisasi memahami tujuan dan sasaran dari Sistem Manajemen Anti-Penyuapan yang hendak dicapai. Peran dan komitmen ini dapat berupa menetapkan kebijakan, membentuk dewan pengawas, melakukan tinjauan kinerja Sistem Manajemen Anti-Penyuapan, mengambil tindakan yang sesuai terhadap ketidaksesuaian yang ditemukan dalam penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan dan lain sebagainya.

Identifikasi dan Analisis Risiko Penyuapan

Perusahaan/organisasi harus melakukan identifikasi dan analisa risiko penyuapan untuk dapat mengetahui potensi-potensi risiko penyuapan yang mungkin dapat terjadi di proses bisnis perusahaan/organisasi. Dari hasil identifikasi dan analisa tersebut, selanjutnya dilakukan tindakan mitigasi terhadap risiko penyuapan tersebut, dan tindakan mitigasi tersebut selalu dikendalikan dan dimonitor serta dievaluasi kesesuaian dan efektifitasnya dengan kondisi terkini.

Uji Kelayakan (Due Diligence)

Salah satu persyaratan wajib diterapkan oleh organisasi yang menerapkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 adalah uji kelayakan (due diligence). Organisasi harus memiliki mekanisme dalam melakukan Uji Kelayakan tersebut.

Informasi Terdokumentasi yang Memadai

Setiap perusahaan/organisasi yang akan menerapkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) berbasis ISO 37001:2016 dipersyaratkan untuk menetapkan kebijakan dan informasi terdokumentasi yang dipersyaratkan oleh standar tersebut, peraturan perundangan, dan hal-hal yang dinilai dibutuhkan oleh perusahaan/organisasi. Dokumen tersebut harus dapat membantu perusahaan/organisasi dalam mengendalikan risiko penyuapan atau gratifikasi yang akan mungkin terjadi dalam proses bisnis perusahaan/organisasi.

Komunikasi

Seluruh kebijakan dan peraturan terkait penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ini harus dikomunikasikan dan disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan/organisasi baik pihak internal maupun pihak eksternal. Perusahaan/organisasi harus menerapkan mekanisme komunikasi ini, antara lain dapat melalui pelatihan, sosialisasi melalui media sosial, website, poster, spanduk, banner, email, dan media lainnya.

Monitoring dan Evaluasi

Penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 harus mampu dipelihara dan dikendalikan agar senantiasa berjalan efektif. Untuk itu perlu dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP) ISO 37001:2016 secara berkala. Top Management memiliki kewajiban untuk memastikan proses monitoring dan evaluasi ini selalu dijalankan.

Authorization

Memastikan bahwa pengguna memang diizinkan untuk mengakses informasi oleh pihak yang bersangkutan.

Accountability

Prinsip yang menjamin bahwa semua kegiatan dapat dikaitkan secara otomatis. Penerapan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 juga sangat bermanfaat bagi kemajuan perusahaan/organisasi Anda dan dapat dipertanggungjawabkan perihal penyuapan.

Kenapa Harus Memilih Kami?

Waktu

Jadwal konsultasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien.

Tepat Sasaran

Kami memberikan solusi terbaik untuk klien mencapai tujuannya

Biaya

Biaya konsultasi yang bersaing dan disesuaikan dengan kebutuhan klien

Bantuan

Pertanyaan Terkait

Jika Anda memiliki pertanyaan lain, langsung saja menghubungi kami pada pilihan kontak di bawah ini.

Berapa Lama Proses Konsultasi?

Untuk proses konsultasi dan sertifikasi menyesuaikan dengan ruang lingkup usaha, jumlah karyawan, dan jumlah site.

Berapa Biaya Konsultasi?

Untuk menentukan harga konsultasi dan/atau sertifikasi, kami perlu menilik beberapa hal, seperti ukuran organisasi, jumlah karyawan, jumlah cabang, lokasi perusahaan, scope perusahaan, dan target waktu.

Apakah Saya Mendapat Sertifikat Resmi?

Kualita Konsultan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi ISO yang akreditasi itu dari KAN, UKAS, IAS, JAS-ANZ, KAB, dan lembaga akreditasi lainnya.

Keamanan dan Kerahasiaan

Kami akan menjaga seluruh kerahasiaan dan keamanan seluruh data yang didapat selama program berlangsung dan sesudah, yang berhubungan dengan kegiatan klien, dan tidak berhak untuk menyebarluaskan dokumen atau data apapun tanpa izin tertulis klien.

Berdiskusi langsung dengan Ahlinya

Meet Your Needs

×

Halo, Selamat Datang.

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi