perusahaan yang wajib sertifikasi iso 27001

5 Perusahaan yang Wajib Sertifikasi ISO 27001

ISO 27001 adalah standar internasional yang berfokus pada menjaga keamanan informasi pengguna. Standar ini memberikan panduan bagi organisasi dalam merancang, mengimplementasi, dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi. Salah satu manfaat utama dari standar ini adalah memberikan perlindungan terhadap data sensitif dan rahasia, membantu organisasi menghindari pencurian data, kebocoran, atau penyalahgunaan data.

Baca juga: Peran Sertifikasi ISO 27001 dalam Meningkatkan Kualitas Informasi

Prinsip ISO 27001

Standar ISO 27001 adalah standar internasional yang diakui secara luas untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini membantu organisasi mengelola dan melindungi informasi serta aset terkait dari risiko keamanan yang beragam. Manfaat bisnis dari standar ini sangat besar. Berikut adalah beberapa manfaat dari ISO 27001 untuk perusahaan:

  1. Melindungi berbagai informasi milik karyawan dan konsumen.
  2. Mengantisipasi serangan siber.
  3. Mengelola risiko keamanan sistem informasi dengan lebih efektif.
  4. Menjadi titik pembeda dari perusahaan lainnya.

Dengan menerapkan persyaratan ISO 27001, perusahaan dapat menetapkan pendekatan sistematis terhadap keamanan informasi yang mencakup proses penilaian risiko dan penanganan risiko. Selain itu, ISO 27001 juga dapat menjadi bukti bahwa perusahaan telah mematuhi standar internasional dalam meningkatkan sistem keamanan informasi.

Selain itu, Dalam penerapan standar ISO 27001, terdapat tiga prinsip dasar keamanan informasi.

  1. Kerahasiaan 

Yaitu memastikan bahwa hanya orang atau pihak yang berwenang saja yang dapat mengakses informasi itu. 

  1. Integritas

Yaitu memastikan bahwa informasi yang diberikan akurat, lengkap, dan terkini. Ini berarti bahwa informasi tidak dapat dimanipulasi tanpa sepengetahuan dari orang yang berwenang. 

  1. Ketersediaan Informasi

Yaitu bahwa informasi harus tersedia ketika dibutuhkan. Ini berarti sistem harus cepat dan dapat diandalkan sehingga pengguna dapat mengakses informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Oleh karena itu, banyak organisasi yang mendapat manfaat dari sertifikasi ISO 27001. Hal ini karena semakin banyak organisasi yang mengumpulkan dan menyimpan data sensitif dan rahasia, seperti data pengguna, informasi bisnis, dan data keuangan. Namun dalam penerapannya, tidak semua organisasi wajib menerapkannya, terdapat kriteria yang menjadikan organisasi tertentu wajib memiliki ISO 27001. Lalu, apa saja perusahaan atau organisasi yang wajib menerapkan ISO 27001?

Jenis Perusahaan yang Wajib Menerapkan ISO 27001

Jenis perusahaan yang wajib dan direkomendasikan menerapkan ISO 27001 yaitu:

  1. Perusahaan yang menangani data sensitif seperti sektor kesehatan.
  2. Perusahaan penyedia layanan cloud, hosting, dan teknologi digital.
  3. Perusahaan harus mematuhi regulasi yang berlaku.
  4. Perusahaan yang sangat rentan terkena serangan siber seperti sektor keuangan.
  5. Perusahaan yang memiliki tujuan bisnis untuk bisa memberikan keunggulan kompetitif dan dapat bersaing di pasar internasional maupun dalam negeri.
Kontak kami
Konsultasikan Kebutuhan Konsultasi dan Sertifikasi Perusahaan Anda dengan Kami

Author

Admin

×

Halo, Selamat Datang.

Klik untuk mengobrol di WhatsApp atau kirim email ke [email protected]

× Layanan Konsultasi